Selasa, 31 Mei 2011

PATUNG BESAR bersejarah

    BLOGERWAAN/WATI hey hey hey hio hio hioooo.
    saya mau posting lagii ah. kali ini tentang sebi patung. tau ngak si ternyata seni patung mematung, sudah terkenal dari beberapa abad yang lalu. waaaaaw lama gela. niih saya mau kasih tau patung-patung besar yang bersejarah yang udah terkenal banget dari ratusan tahun yang lalu.

1. PATUNG "LIBERTY"
Liberty Enlightening the World, lebih dikenal dengan nama Statue of Liberty atau Patung Liberty dalam bahasa Indonesia, adalah suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York HarborAmerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.
Patung perunggu yang diberikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan.

2. PATUNG "ZEUS" DI OLYMPIA
Patung Zeus di Olympia adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Patung ini dibuat oleh skulptor terkenal, Phidias (abad ke-5 SM) kira-kira tahun 432 SM di OlympiaYunani.
Patung yang terduduk, yang memiliki tinggi sekitar 12 meter, mengisi seluruh Kuil Zeus yang dibangun sebagai rumah patung ini.
Penyebab kehancuran patung ini hingga kini masih diperdebatkan.

3. "MOTHERLAND IS CALLING" ( MOTHER OF RUSSIA )
The Motherland Calls.jpg
Patung ini si sebenernya belum lamapau, lampau juga terbentuknya sebab patung ini baru rampung masa pembuattannya pada tahun 1967. tujuan patung ini di buat adalah untuk mengenang "pertempuran stalingard" pada Pada Perang Dunia II. Perempuan ini merupakan titik balik bagi Russia yang hampir jatuh kr tangan Adolf Hitler.Patung ini di buat sebagai penghargaan bagi para tentara yang berjuang habis-habisan untuk mempertahankan Stalingard.  

4. "LESHAN GIANT BUDHA"
Leshan Giant Buddha
Buddha Raksasa Leshan (乐山大佛) adalah patung BuddhaMaitreya yang sedang duduk Terletak di timur Kota Leshan,Provinsi Sichuan,Cina.
Dipahat di pinggir sebuah bukit pada abad ke 8 masehi di pertemuan tiga sungai. Ketiga sungai itu adalah Sungai Min, Sungai Qingyi dan Sungai Dadu. Mempunyai tinggi 71 meter dan adalah patung Buddhaterbesar di dunia.Selain itu detail dari patung ini dapat tercermin dari 1.021 sanggul yang bergelung di rambut Sang Buddha.Sistem arsitektur pembuangan air pun tersebar di bagian tangan, kepala, belakang telinga dan pakaian, membuat patung Leshan tetap kering sehingga tidak mudah rusak. Dimulai pada tahun 713 masehi pada zaman Dinasti Tang atas inisiasi dari Hai Tong (seorang Biksu) dan selesai pada tahun 803. Dijadikan salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.


Wuaaaaah guede buangetkan patung patungnya. hahaha keren keren lagi. ga nayngka kan ada patung segede-gede gitu. hahaha ok dah wasalam

0 komentar:

Posting Komentar